• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Pengertian dan Jenis Image Scanner

 on Monday, March 21, 2016  

     Di era globalisasi ini Komputer telah menjadi suatu alat yang terus berkembang dalam memenuhi kebutuhan kerja manusia, terutama untuk seseorang yang berhadapan langsung dengan komputer. Perkembangan komputer yang semakin maju pasti diikuti dengan perkembangan komponen - komponen komputernya.

     Komponen yang berada di luar komputer ikut berperan dalam perkembangan komputer tersebut, misalnya saja scanner. Scanner merupakan alat input sekaligus output yang dapat membaca, merekam, dan mengambil informasi yang nantinya akan ditransfer ke komputer. Scanner mengalami kemajuan pada teknologinya. Scanner yang berawal dari menggunakan tinta magnetik khusus menjadi menggunakan teknik pencahayaan. Untuk dapat mengembangkan scanner tersebut, para pengguna harus mengetahui awal mula teknologi scanner tersebut.

  • Pengertian Image Scanner

     Image scanner atau alat pemasok data gambar merupakan peralatan eksternal yang dapat diintegrasikan dengan perangkat komputer sehingga data gambar dapat dimanipulasi sesuai kebutuhan. Pada peralatan image scanner generasi baru, image scanner dapat diintegrasikan dengan printer sehingga hasil scan image dapat langsung dicetak tanpa bantuan komputer, tetapi gambar tidak dapat diedit atau dimanipulasi dan hasilnya pun kurang memuaskan.

     Image scanner berintegrasi dengan komputer, perangkat keras maupun perangkat lunak tambahan. Perangkat keras tambahan dapat berupa kabel dan card interface jika image scanner tersebut tidak memiliki port yang siap dipasangkan dengan port terminal komputer, Sedangkan perangkat lunak tambahan yaitu driver image scanner yang berupa program aplikasi dan harus diinstal pada komputer yang tersambung dengan peralatan image scanner tersebut. Peralatan keras tambahan yang bersifat hardware dan software bekerja bersama - sama untuk menampilkan hasil scanning image ke layar komputer.

  • Jenis - Jenis Image Scanner

     Scanner mempunyai banyak jenis yang digunakan pada masing - masing bidang untuk menjalankan fungsinya. Alat scnnaer dimanfaatkan oleh beberapa bidang pekerjaan, misalnya di bidang industri, kesehatan, bisnis, pendidikan, dan sebagainya. Jenis scanner yang digunakan dalam bidang industri adalah bar code wand yang termasuk ke dalam Optical Data Reader. Bar Code wand berfungsi untuk membaca label data barang dagangan yang dicetak dalam bentuk kode batang (bar code). Kode batang yang paling banyak digunakan adalah system Universal Product Code (UPC). Bar code wand dilekatkan pada POS terminal dan dihubungkan dengan komputer pusat. Bila barang dijual,  maka barcode wand akan membaca kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan ke dalam bentuk angka-angka. Harga dari barang yang bersangkutan yang ada disimpanan luar komputer pusat dibaca, kemudian dapat dikeluarkan tanda terima untuk pembeli yang sudah berisi perincian harga barang.

     Adapun jenis scanner dalam bidang bisnis dan pendidikan umumnya menggunakan scanner document. Scanner ini berfungsi untuk membaca dan mengambil informasi dalam bentuk gambar maupun teks, misalnya seseorang menscan foto atau buku, maka alat scanner tersebut akan membacanya dengan menggunakan pencahayaan dari dalam dan ditransfer ke komputer kemudian ditampilkan di layar komputer sesuai dengan isi dari foto atau buku yang telah discan, hasil scan tersebut dapat disimpan dalam bentuk file teks, dokumen ataupun gambar di dalam memori komputer.

Selain itu, terdapat beberapa jenis scanner bergantung pada kegunaan dan cara kerjanya, antara lain:
  1. Scanner gambar,
  2. Scanner barcode,
  3. Scanner sinar-X,
  4. Scanner cek,
  5. Scanner logam,
  6. Scanner Optical Mark Reader (OMR), dan
  7. Scanner 3 Dimensi.
     Di antara jenis-jenis scanner tersebut, scanner gambar adalah yang paling sering disebut sebagai pemindai. Seperti halnya pada pemindai OMR, pemindai gambar juga dapat digunakan sebagai pemindai Lembar Jawaban Komputer (LJK). Agar hal tersebut dapat tercapai, dibutuhkan perangkat lunak dengan teknologi Digital Mark Reader (OMR). Bila dikelompokan berdasarkan cara memasukan kertas, pemindai gambar terdiri atas dua jenis, yaitu:

1. Flatbed
     Pada pemindai gambar flatbed, kertas diletakkan di atas kaca pemindai, kemudian lampu dan sensor pemindai akan bergerak menyusuri kertas tersebut untuk memperoleh gambarnya. Scanner jenis ini merupakan scanner yang umu digunakan oleh orang. Scanner ini mempunyai bentuk panjang dan sedikit tebal. Scanner ini terdapat sebuah kaca tembus pandang yang digunakan scanner untuk menscan gambar, kertas ataupun dokumen lainnya. Meskipun demikian scanner ini juga bisa digunakan untuk menscan benda seperti patung kecil. Hanya saja scanner ini tidak mampu atau tidak cocok untuk menscan objek 3 dimensi.

2. Automatic Document Feeder (ADF)
     Jenis scanner yang satu ini merupakan scanner yang bentuknya mirip dengan printer. Scanner ini biasanya terdapat juga pada printer all in one, mesin fax dan mesin fotocopy. Jenis scanner ini menscan dokumen layaknya sebuah printer. Yang dimana kertas yang ingin discan bisa diletakkan semuanya ke baki penampungan kertas, dan scanner tersebut akan otomatis menscan kertas satu persatu.

     Pada pemindai gambar Automatic Document Feeder (ADF), kertas diletakkan pada baki/tray, lalu satu persatu kertas akan dimasukkan oleh bagian mekanik pemindai dengan adanya pad assy dan roller. Pada saat kertas bergerak di atas lampu pemindai, sensor pemindai bekerja untuk memperoleh gambar yang merepresentasikan kertas tersebut. Keunggulan pemindai Automatic Document Feeder (ADF) adalah sebagai berikut:
  1. Kecepatan tinggi, dapat mencapai > 10.000 lembar per jam.
  2. Dapat membaca dua sisi kertas yang bersamaan dengan imprinter, pemindai dapat memberikan tanda pada lembaran yang telah dipindai.
  3. Sangat tepat dipasangkan dengan perangkat lunak berteknologi Digital Mark Reader serta untuk pengarsipan dan manajemen dokumen.
3. Scanner Drum
     Scanner ini mempunyai cara menscan dengan memutarkan kertas atau foto yang telah dimasukkan ke dalam scanner tersebut. Scanner ini memproduksi hasil scan yang sangat bagus dan cocok untuk menscan foto.

Scanner memang sangat dibutuhkan terutama untuk memindai foto atau berkas penting agar dapat disimpan ke dalam komputer perangkat lainnya. Demikian pengertian dan jenis scanner yang ada.

Pengertian dan Jenis Image Scanner 4.5 5 ZalDhi Monday, March 21, 2016      Di era globalisasi ini Komputer telah menjadi suatu alat yang terus berkembang dalam memenuhi kebutuhan kerja manusia, terutama untu...


No comments:

Post a Comment

J-Theme