• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Manfaat Internet

 on Monday, March 21, 2016  


      1.Internet sebagai media komunikasi 

   Beberapa fenomena dan kelebihan internet sebagai media informasi dan komunikasi dibandingkan dengan media lain, yaitu informasi yang didapatkan lebih mudah,cepat,dan murah dengan jangkauan global. Saat ini, bermunculan situs media online (berbasis media cetak maupun yang tidak) sehingga mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi, contohnya koran masuk internet, detik, satunet, CNN, majalah, brosur, dan lain-lain.

      2.Internet sebagai media promosi

   Saat ini internet bukanlah hal yang baru di dunia bisnis dan bukan hal baru pula jika internet digunakan sebagai media promosi. Empat puluh persen perusahaan di Indonesia saat ini sudah memanfaatkan jasa internet untuk memasarkan produk-produk mereka ke berbagai kota dan luar negeri. Kekuatan internet untuk promosi sungguh sangat luar biasa karena dapat menjangkau calon pelanggan atau pembeli di mana pun berada tanpa batasan waktu dan wilayah.

      3.Internet sebagai komunikasi interaktif

   Internet menjadi media komunikasi alternatif yang menarik karena kemudahannya dan kemampuan jaringannya. Bahkan, media ini jauh lebih baik kemampuannya dari media komunikasi lain yang menggunakan teknologi yang juga cukup canggih, misalnya penggunaan gelombang radio. Dengan internet, orang dapat melakukan pertukaran informasi yang jauh lebih sempurna dan lengkap dari media-media itu, yang hanya berdasar data analog. Contoh penggunaan internet sebagai media komunikasi interaktif adalah dengan adanya e-mail, Video Conference, IRC (Internet Relay Chat), dan Internet Phone.

      4.Internet sebagai alat Research and Development

   Ada beberapa keunggulan dalam pemanfaatan internet sebagai media riset. Dari segi konektivitas dan jangkauan global, pengaksesan data dan informasi melampaui batas-batas negara dan memungkinkan mendapatkan /mengakses informasi dari database dan perpustakaan yang lengkap di seluruh dunia dan juga berasal dari beraneka ragam sumber. Akses informasi di internet tidak dibatasi waktu karena lingkupnya yang global. Dilihat dari kecepatan, bila dibandingkan dengan sumber data tradisional, riset melalui internet jauh lebih cepat karena bersaifat real time.

     5.Internet sebagai media pertukaran data

   Perkembangan teknologi web saat ini mengakibatkan pertukaran dan pengaksesan informasi dan pertukaran data semakin mudah dan cepat. Internet (lebih spesifik, Web) menyediakan fasilitas penelusuran dan pertukaran informasi yang tersedia, tanpa dibatasi waktu dan dapat dilakukan oleh siapapun yang terhubung dengan jaringan. Internet menyediakan berbagai informasi dalam berbagai format elektronik, baik berupa format magnetik maupun format optik dan pada umumnya digunakan untuk menyimpan informasi sekunder seperti bibliografi dan indeks maupun informasi berupa naskah lengkap (fulltext), seperti artikel majalah, prosiding, dan sebagainya. Semua informasi yang diperoleh itu dapat dimanfaatkan sebagai referensi, lahan bisnis, dan sarana hiburan.

Manfaat Internet 4.5 5 ZalDhi Monday, March 21, 2016       1. Internet sebagai media komunikasi     Beberapa fenomena dan kelebihan internet sebagai media informasi dan komunikasi dibandi...


No comments:

Post a Comment

J-Theme