• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Macam - Macam Server Jaringan

 on Monday, May 9, 2016  

          Server adalah komputer yang menjalankan sistem operasi jaringan yang berfungsi sebagai server. Server menyediakan file, printer dan pelayanan lain untuk client. Terdapat tiga macam server antara lain.

1. Server Web
          Server Web adalah perangkat lunak yang melayani permintaan file -file dari browser web. Server web biasanya disebut juga sebagau HTTP (Hypertext Transfer Protocol).

2. Server Aplikasi 
          Server Aplikasi adalah perangkat lunak yang berfungsi menerjemahkan kode0kode dinamis menjadi kode-kode statis HTML (Hypertext Markup Language).

3. Server Database
          Server Database adalah perangkat lunak yang berfungsi mengolah data yang diminta oleh server aplikasi. Untuk membuat aplikasi web berbasiskan database, komputer atau sistem jaringan harus memiliki paling tidak satu buah sistem database. Jenis database yang bisa digunakan antara lain misalnya: Ms. Acess, SQL Server, Oracle atau MySQL.

Ada dua buah jenis server berdasarkan fungsinya, yaitu:

1. Server dedicated
          Server yang tidak memiliki fungsi lain. Komputer ini tidak bisa digunakan sebagai workstation. Untuk melihat jenis dari server tersebut dapat diketahui melalui sistem operasi jaringan yang dijalankannya, misalnya Novell Netware.

2. Server Non-Dedicated
          Server yang juga bisa berfungsi sebagai wrokstation. Contohnya: Microsoft Windows NT Server, Microsoft Windows NT Workstation, Microsoft Windows 95/98, Unix, Linux, Mac OS/2.

Dari fungsinya, server dapat digunakan: 
  • Menyimpan file-file yang digunakan bersama-sama pada harddisknya.
  • Mengatur komunikasi (seperti pesan e-mail) antar workstation.
  • Mengkoordinasikan pencetakan kepada printer yang dipakai bersama-sama.
  • Server juga dapat menyimpan CD-ROM yang dapat dipakai oleh para pemakai etwork.
  • Bisa menyimpan tape drive atau drive lain yang digunakan untuk menyimpan harddisk server atau harddisk pada workstation.
  • Dengan perangkat lunak dan keras tambahan, server bisa mengarahkan e-mail dari dan ke internet. Server juga bisa mengirimkan fax ke luar jaringan ke mesin-mesin fax yang ada di luar. Kenyataannya server hampir dapat melakukan semua pekerjaan yang mencakup pengiriman data.

Macam - Macam Server Jaringan 4.5 5 ZalDhi Monday, May 9, 2016           Server adalah komputer yang menjalankan sistem operasi jaringan yang berfungsi sebagai server. Server menyediakan file, printer d...


No comments:

Post a Comment

J-Theme