• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Jenis - Jenis Protokol

 on Monday, May 9, 2016  

          Dalam internet terdapat banyak sekali jenis protokol yang digunakan. Seperti saat kita membuka suatu webste google misalnya terdapat banyak sekali jenis protokol yang tersambung dengan jaringan kita sehingga web google tersebut dapat terbuka. Berikut ini macam-macam protokol yang digunakan dalam jaringan:
  1. TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)
  2. UDP (User Datagram Protocol)
  3. Domain Name System (DNS)
  4. Point-to-Point Protocol
  5. Serial Line Internet Protocol
  6. Internet Control Message Protocol (ICMP)
  7. POP3 (Post Office Protocol)
  8. IMAP (Internet Message Access Protocol)
  9. HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
  10. HTTPS
  11. SSH (Secure Shell)
  12. Telnet (Telecommunication Network)
  13. FTP (File Transfer Protocol)
  14. LDAP
  15. SSL (Secure Socket Layer)
Contoh - contoh protokol yang paling populer digunakan adalah:
  • Ethernet
          Protokol jaringan ethernet merupakan protokol yang paling banyak digunakan. Ethernet menggunakan cara masuknya (Access Method) yang dikenal sebagai CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access/Collision Detection).
          Ia merupakan suatu sistem di mana setiap komputer menunggu instruksi melalui kabel sebelum mengirim pesan melalui jaringan. Jika jaringan ditemukan tidak sibuk, barulah komputer tersebut menyampaikan informasi atau pesan. Jika satu node lain sebelumnya telah menyiarkan pesan melalui kabel, komputer tersebut akan menunggu dan akan mencoba kembali ketika rute diizinkan.
  • Local Talk
          Cara yang digunakan oleh Local Talk disebut CSMA/CA (Carrier Sense Multiple Access dengan Collision Avoidance). Ia hampir sama dengan CSMA/CD kecuali komputer memberi sinyal sebelum data akan dikirim . Adapter untuk Lcal Talk dan kabel twisted pair yang khusus bisa digunakan untuk menghubungkan satu seri komputer menggunakan serial port.
  • Token Ring
          Di dalam Token Ring, beberapa komputer dihibungkan untuk memungkinkan sinyal tinggal di sepanjang online jaringan komputer tersebut. Satu token elektronik bergerak mengelilingi lingkaran dari satu komputer ke satu komputer dan jika komputer tersebut tidak memiliki informasi untuk dikirim, ia akan bergerak melewati komputer tersebut ke stasiun kerja berikutnya. Jika komputer tersebut akan mengirimkan informasi, ia akan mengisi data atau informasi kepada token yang akan datang kepadanya.
  • FDDI (Fiber Distributed Data Interface)
          Cara masuk (access method) yang digunakan oleh FDDI juga melibatkan pengiriman token. FDDI menggunakan topologi fisik Ring kembar. Pengiriman biasanya terjadi pada salah satu dari token atau Ring, namun begitu jika terjadi kegagalan di dalam jaringan, sistem tersebut akan menggerakan informasi secara otomastis menggunakan perjalanan jaringan yang kedua menciptakan satu jaringan baru yang lengkap.

Jenis - Jenis Protokol 4.5 5 ZalDhi Monday, May 9, 2016           Dalam internet terdapat banyak sekali jenis protokol yang digunakan. Seperti saat kita membuka suatu webste google misalnya terda...


No comments:

Post a Comment

J-Theme