• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Pengertian Internet dan Intranet

 on Sunday, March 20, 2016  

Internet (Interconnected-Network) merupakan sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan berbagai macam situs.Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh Indonesia,bahkan seluruh dunia.

   Jaringan yang membentuk internet bekerja berdasarkan suatu set protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengamati lalu lintas dalam jaringan. Protokol standar pada internet dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Protokol ini memiliki kemampuan untuk bekerja pada segala jenis komputer tanpa terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang digunakan.

   Layanan internet memperlihatkan perkembangan yang sangat pesat, karena menawarkan beberapa daya tarik atau keunggulan dibandingkan media lain. Keunggulan tersebut, antara lain sebagai berikut.
a. Komunikasi murah
b. Sumber informasi yang bervariasi
c. Tantangan baru untuk berusaha
d. Keterbukaan
e. Jangkauan yang tidak terbatas

   Intranet merupakan sebuah jaringan komputer berbasis protocol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) yang digunakan dalam internal perusahaan, kantor, bahkan Warnet (Warung Internet) dapat dikategorikan intranet. Intranet umumnya juga terkoneksi ke internet sehingga memungkinkan pertukaran informasi dan data dengan jaringan internet lainnya (internetworking) melalui backbone internet.

   Salah satu hal terpenting dalam internet/intranet adalah keamanan jaringan (network security). Terminologi yang lebih berkembang dari intranet adalah teknologi extranet yang memiliki pengertian suatu jaringan intranet yang dapat diakses dari pihak luar baik melalui VPN maupun media komunikasi umum. VPN (Virtual Private Network) merupakan sebuah network yang dibangun dengan menggunakan sambungan umum untuk menghubungi pemakai. Sebagai contoh, beberapa komputer dimungkinkan tercipta sebuah networking dengan menggunakan internet sebagai medium transportasi data. Komputer ini akan menggunakan enkripsi dan mekanisme keamanan lain untuk menjamin bahwa hanya orang yang diberi autorisasi yang bisa akses ke dalam network tersebut dan juga menjamin data tidak disusupi oleh pihak lain.

Pengertian Internet dan Intranet 4.5 5 ZalDhi Sunday, March 20, 2016 Internet (Interconnected-Network) merupakan sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan berbagai macam situs.Internet menyediakan a...


No comments:

Post a Comment

J-Theme