• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Pengertian, Sejarah dan Manfaat Jaringan Komputer

 on Sunday, March 20, 2016  

     Jaringan Komputer adalah beberapa perangkat yang terhubung satu dengan lainnya. Perangkat yang bisa dihubungkan tidak hanya perangkat komputer, tetapi perangkat seperti printer, handphone, dan perangkat lainnya yang dapat terhubung ke dalam suatu jaringan. Dalam menghubungkan jaringan komputer kita dapat menggunakan media kabel maupun nirkabel (tanpa kabel) yaitu dengan mengggunakan bluetooth, gelombang radio dan sinar inframerah.

     Sekarang anda sudah tahu tentang pengertian jaringan komputer selanjutnya mari kita pelajari tentang sejarah jaringan komputer. Mungkin anda pernah berpikir siapa penemu atau pembuat jaringan komputer pertama kali? mari kita bahas pada ulasan di bawah ini.

  • Sejarah Jaringan Komputer 

     Pada tahun 1940-an di Amerika dilakukan sebuah penelitian untuk menggunakan sebuah perangkat komputer secara bersama. Pada tahun 1950-an ketika komputer mulai tersebar luas sampai diciptakan sebuah super komputer, namun karena harganya yang masih mahal maka sebuah komputer dituntut untuk melayani beberapa terminal.

     Hingga ditemukannya sebuah istilah TSS (Time Sharing System) yaitu konsep distribusi proses berdasarkan waktu. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer atau komputer server. Konsep ini semakin berkembang menjadi Distributed Processing yaitu beberapa host komputer dituntut untuk mengerjakan pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri di setiap host komputer.

     Seiring berkembangnya zaman harga perangkat komputer mulai beranjak mulai menurun. Penggunaan komputer dan jaringannya sudah mulai beragam dari menangani proses bersama maupun komunikasi antarkomputer atau biasa disebut Peer to peer system. Dan mulai berkembang pula jaringan lokal yang disebut dengan LAN (Local Area Network). Ketika jaringan internet mulai diperkenalkan sebagian besar LAN sudah mulai saling berhubungan dan mulai berkembang jaringan yang lebih luas yaitu WAN (World Area Network).

  • Tujuan Jaringan Komputer
    1. Berbagi sumber daya (resource sharing), seluruh program, peralatan dan data yang dapat digunakan oleh setiap orang yang ada di jaringan tanpa dipengaruhi oleh lokasi dan sumber pemakai.
    2. Kehandalan tinggi (high reliability), tersedianya sumber-sumber alternatif kapanpun diperlukan.
    3. Efisien dalam materi, membangun jaringan dengan komputer-komputer kecil lebih murah dibandingkan dengan menggunakan mainframe. Data disimpan di sebuah komputer yang bertindak sebagai server dan komputer lain yang menggunakan data tersebut bertindak sebagai client, bentuk ini biasa disebut Client-server.
    4. Skalabilitas (scalability), meningkatkan kinerja dengan menambahkan komputer server atau client dengan mudah tanpa menggangu kinerja komputer server atau komputer client sebelumnya.
    5. Media komunikasi, memungkinkan kerjasama antarorang yang saling berjauhan melalui jaringan komputer baik untuk bertukar data maupun berkomunikasi. Contoh lain adalah komunikasi peer to peer system.
    6. Akses informasi secara luas dan up to date, dapat mengakses dan mendapatkan informasi dari jarak jauh dan terbaru.

  • Manfaat Jaringan Komputer 
    1. Memudahkan pengaksesan informasiSeseorang dapat bepergian ke mana saja dan tetap bisa mengakses data yang terdapat pada server ketika ia membutuhkannya. Pertumbuhan internet salah satu implementasi jaringan yang terbesar di dunia, memungkinkan segala informasi yang ada di dunia dengan mudah didapatkan.
    2. Berbagi program atau data, Program atau data dimungkinkan untuk disimpan pada sebuah komputer yang bertindak sebagai server (melayani komputer-komputer yang akan membutuhkan data atau program). Penempatan data pada server juga memberikan keuntungan antara lain menghindari duplikasi data dan ketidakkonsistenan.
    3. Berbagi perangkat keras, Perangkat semacam hardisk, printer, CD-ROM, Drive dan modem dapat digunakan oleh sejumlah komputer tanpa perlu melepas dan memasang kembali. Peranti cukup dipasang pada sebuah komputer atau dihubungkan pada suatu peralatan khusus dan semua komputer dapat mengaksesnya.
    4. Saving Money (penghematan uang/anggaran), Perangkat dan data yang dishare akan membuat penghematan anggaran yang cukup besar, karena tidak perlu membeli perangkat baru untuk dipasang ditiap-tiap unit komputer.
    5. Mendukung kecepatan berkomunikasi (efisiensi dan waktu), Dengan adanya dukungan jaringan komputer, komunikasi dapat dilakukan lebih cepat. Para pemakai komputer dapat mengirim surat elektronik dengan mudah bahkan dapat bercakap-cakap secara langsung melalui tulisan (chatting) ataupun telekonferasi.
    Di zaman yang modern saat ini tentunya kita tidak bisa lepas dari peranan internet karena berbagai informasi dapat kita akses secara cepat dan mudah untuk memenuhi kebutuhan kita akan informasi di dunia saat ini.

    Pengertian, Sejarah dan Manfaat Jaringan Komputer 4.5 5 ZalDhi Sunday, March 20, 2016      Jaringan Komputer  adalah beberapa perangkat yang terhubung satu dengan lainnya. Perangkat yang bisa dihubungkan tidak hanya perangk...


    No comments:

    Post a Comment

    J-Theme