• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Sistem Pengkabelan Jaringan

 on Monday, May 9, 2016  

         Pada umumnya jenis kabel yang banyak digunakan untuk membentuk sebuah jaringan komputer adalah kabel Unshielded Twisted Pair (UTP) categori 5. Kabel ini dikoneksikan memakai konektor RJ-45, untuk dipasangkan pada LAN card yang memiliki PC ataupun Switch/Hub. Kabel UTP kategori 5 yaitu satu kabel dengan isi delapan. Masing-masing pasang kabel dipelintir untuk mengurangi induksi. Kategori 5 atau 5e adalah tipe kabel yang paling reliabel dan memiliki kompatibilitas yang tinggi. Kabel ini disarankan untuk digunakan pada kecepatan transfer 10 Mbps dan fast ethernet (100 Mbps). Dalam kabel UTP kategori 5 urutan pengkabelannya yang standar berupa:

PIN
KABEL
1
Hijau-putih (TD+)
2
Hijau (TD-)
3
Orange-putih (RD+)
4
Biru (NC)
5
Biru-putih (NC)
6
Orange (RD-)
7
Coklat-putih (NC)
8
Coklat (NC)

Untuk menyambungkan komputer dikenal dua tipe penyambungan kabel UTP yaitu straight cable dan crossover cable dengan fungsi berbeda untuk setiap jenisnya.

Kabel Straight digunakan untuk menghubungkan peralatan yang berbeda jenis. Misalnya untuk menghubungkan PC dengan hub, switch dan router, switch dan PC dsb. Susunan kabel straight sperti di bawah ini

No.
Urutan kabel straight
1
Orange-putih
2
Orange
3
Hijau-putih
4
Biru
5
Biru-putih
6
Hijau
7
Coklat-putih
8
Coklat

Kabel jenis crossover biasanya digunakan untuk menghubungkan PC dengan PC, hub dengan hub dan sebagainya.
No.
Urutan kabel crossover
1
Hijau-putih
2
Hijau
3
Orange-putih
4
Biru
5
Biru-putih
6
Orange
7
Coklat-putih
8
Coklat

Alat-alat yang dibutuhkan antara lain kabel UTP sesuai kebutuhan, tang crimping, konektor RJ45 dan gunting. Berikut ini langkah-langkah memasang RJ 45 ke kabel UTP.
  • Kupas kedua ujung kulit luar kabel UTP menggunakan mata pisau crimping atau gunting dengan panjang kira-kira 1,5 cm.
  • Kemudian urutkan warna-warnanya dengan aturan jika ujung kabel satu menggunakan konfigurasi T568A maka konfigurasi ini disesuaikan dengan metode penyambungan yang dibutuhkan.
  • Setelah kedua ujung kabel diurutkan warnanya sesuai konfigurasi di atas, ratakan ujung kabel UTP dengan memotong sedikit bagian kabel. tidak usah dikupas kabelnya.
  • Masukan kabel tersebut ke dalam konektor RJ-45 jangan sampai tertukar urutannya.
  • Kemudian crimping atau jepit kabel tersebut menggunakan tang crimping sampai terdengar suara klik. Dalam meng-crimping jangan terlalu keras menekan karena menyebabkan konektor patah.
  • Langkah pemasangan telah selesai.

Sistem Pengkabelan Jaringan 4.5 5 ZalDhi Monday, May 9, 2016          Pada umumnya jenis kabel yang banyak digunakan untuk membentuk sebuah jaringan komputer adalah kabel Unshielded Twisted Pair (UT...


No comments:

Post a Comment

J-Theme